ANBK adalah bagian dari proses pemetaan mutu sistem pendidikan (sekolah, madrasah, dan program kesetaraan jenjang dasar serta menengah) yang lebih praktis dilakukan. ANBK adalah singkatan dari Asesmen Nasional Berbasis Komputer, yang sudah resmi dijadikan sebagai pengganti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

peserta didik SMA Negeri 3 Cibinong sangat berantusias dalam mengikuti kegiatan ANBK tahun 2023 ini. Sebagai wujud pelayanan kepada siswa, sekolah berusaha mempersiapkan dengan ANBK ini dengan baik sejak dari hari pertama simulasi sampai dengan gladi bersih peserta didik selalu penuh semangat dalam melaksanakan kegiatan tersebut.

Pa Marsudi Rachmat S,Si,.M.Pd selaku Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum mengatakan “beberapa siswa dan siswi SMA Negeri 3 Cibinong  yang dipilih secara acak oleh Kemendikbud berasal dari kelas XI-XII yang terdiri dari 90 Siswa/i dan 5 orang cadangan Masing-masing setiap angkatan mengikuti ujian ANBK tersebut. Kegiatan berlangsung dari tanggal 30-31 Agustus 2022.”

Pada tahun ini SMAN 3 Cibinong menggunakan 3 ruang kelas untuk ANBK dalam 2 sesi secara online. Sarana dan infrastruktur menggunakan chromebook yang didapatkan oleh pemerintah.

Adapun kegiatan yang dilaksanakan yaitu:

1. Asesmen Kompetensi Minimum: Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) yang mengukur literasi membaca dan literasi matematika (numerasi) murid.

2. Survei Karakter: Survei Karakter yang mengukur sikap, nilai, keyakinan, dan kebiasaan yang mencerminkan karakter murid.

3. Survei Lingkungan Hidup: Survei Lingkungan Belajar yang mengukur kualitas berbagai aspek input dan proses belajar-mengajar di kelas maupun di tingkat satuan pendidikan.

Pada hari pertama dilaksanakan ANBK Literasi dan Survei Karakter, selanjutnya pada hari kedua dilakukan pelaksanaan ANBK Numersi dan Survei Lingkungan Hidup.

“Harapan untuk ANBK tahun ini Siswa dan siswi diharapkan bisa menjawab dengan konferhensif. Baik itu Literasi, numerasi, survey karakter & lingkungan hidup. Diharapkan juga anak-anak kita ini mencerminkan rapot pendidikan sekolah yang bagus”  Ujar Pa Marsudi.

(AN/AK)